Kejayaan suatu bangsa ditentukan oleh 2P. P pertama adalah Pemudanya.
P kedua adalah Pendidikannya. Lebih spesifiknya adalah karakter dan kompetensi generasi
mudanya serta kualitas pendidikannya. Ke-2P tersebut adalah
penentu kegemilangan atau kesuraman masa depan suatu bangsa.
Tanpa
menafikan faktor penting lainnya, pendidikan dan pemuda perlu mendapat
prioritas utama baik dari pemerintah, masyarakat, keluarga maupun individu.
Saat pendidikan yang berkualitas disinergikan dengan pemuda/i yang berkarakter
agung dan berkompetensi unggul, kejayaan suatu bangsa akan segera terwujud. Pemuda yang unggul adalah asset terbaik
bangsa.
Pemuda
yang bagaimana yang mampu menegakkan kejayaan suatu bangsa? Ini bukan pertanyaan
yang mudah untuk dijawab. Namun setidaknya berdasarkan apa yang telah saya
alami, lakukan dan baca, secara sederhana saya menemukan jawabannya, yaitu: “pemuda yang
memiliki karakter agung dan kompetensi unggul”.
Untuk
membangun karakter agung dan menciptakan kompetensi unggul saya merumuskan
sebuah konsep yang saya sebut dengan Excellent
Student. Apa yang dimaksud dengan
Excellent Student? Bagaimana cara kita menciptakan Excellent Student di setiap sudut negeri ini? Dan berbagai hal lain
yang berhubungan dengannya akan saya kupas dalam buku ini
Buku
ini saya tujukan khusus untuk para pelajar
SMP dan SMA/MA/SMK. Dengan menggunakan bahasa mereka (bahasa yang gaul)
saya akan membimbing mereka dalam menggali potensi, merumuskan visi dan melakukan aksi untuk membangun masa depan gemilang.
Dengan
sumbangan pemikiran berupa konsep Excellent
Student, kami berharap bisa ikut berkontribusi dalam menciptakan Indoensia
Excellent 2045. Sebuah visi untuk menjadikan Indonesia berjaya pada usianya
yang ke-100 tahun. Indonesia yang menjadi pusat peradaban dunia pada abad ke-21
seperti yang pernah dialami Sriwijaya pada abad ke-7 dan Majapahit pada abad
ke-14.
Mari
bersama-sama kita kembalikan kejayaan Nusantara ke tangan Indonesia dengan menciptakan
excellent student di daerah Anda masing-masing!
Komentar
Posting Komentar